Perjuangan Hidup Mbah Kasirah di Wabah Covid-19

By admin, June 7, 2020

Mbah Kasirah Menerima Sembako

Perjuangan hidup memang berat dan sulit, apalagi di masa Pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini. Dampak dari wabah Pandemi ini sangat signifikan bagi semua elemen masyarakat. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan sekaligus penghasilan. Begitu juga yang dialami oleh mbah Kasirah, janda berusia 74 tahun yang hidup sebatang kara. Beliau tinggal di Desa Sumber, Rembang.

Cerita Perjalanan Hidup Nyata

Mbah Kasirah sebenarnya mempunyai lima anak, namun mereka tidak ada yang tinggal serumah dengan mbah Kasirah. Mbah Kasirah hidup sendiri semenjak suaminya meninggal. Setelah 1000 hari suaminya meninggal, anak terakhir beliau meninggal juga karena sakit yang tak kunjung sembuh. Mbah Kasirah sangat kehilangan sosok anak terakhirnya, karena dia anak yang pinter dan rajin. Semua kebutuhan rumah dicukupi oleh anak terakhir mbah Kasirah. Begitu berat perjalanan hidup yang dialami mbah Kasirah.

Kesendirian yang dijalani mbah Kasirah tidak membuat beliau berkecil hati, namun beliau selalu tetap bersyukur karena banyak orang baik yang selalu membantu mbah Kasirah untuk mencukupi kebutuhan beliau. Selain itu, mbah Kasirah juga tidak hanya berdiam diri di rumah untuk meratapi kesepian dan kesendiriannya. Mbah Kasirah berkeliling desa untuk berjualan Cabai, Bawang, dan yang lainnya. Untuk mengisi kesibukan saat di rumah, beliau memelihara kambing, selain untuk kesibukan kambingnya bisa dijual untuk kebutuhan rumah, seperti memperbaiki kerusakan rumah dan kebutuhan yang lainnya.

Mbah Kasirah harus berdiam diri di rumah untuk menjaga kesehatannya karena Pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Banyak orang baik yang datang ke rumah mbah Kasirah untuk memberikan bantuan berupa uang, beras, dan sembako lainnya. Untuk itu, mari kita saling membantu sesama dengan tidak memandang siapa orangnya dan dari keluarga siapa. Yang merasa mampu memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Saling menjaga satu sama lain, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.Mbah Kasirah harus berdiam diri di rumah untuk menjaga kesehatannya karena Pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Banyak orang baik yang datang ke rumah mbah Kasirah untuk memberikan bantuan berupa uang, beras, dan sembako lainnya. Untuk itu, mari kita saling membantu sesama dengan tidak memandang siapa orangnya dan dari keluarga siapa. Yang merasa mampu memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Saling menjaga satu sama lain, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Penulis             : M.J Utama

Editor              : Andri S.

Sumber            : https://youtu.be/FR0c6tAE3TU

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *